www.tokosyafiq.com
Shopping Cart
shopping cart
News
28 Januari 2016
BIOGAS
Reny Rikmasary selaku Konsultan Pengembangan Biogas menyebutkan bahwa atas fasilitasi Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui BPMD dan BLH kini telah beroperasi sebanyak 12 kelompok masyarakat pengembang energi terbarukan tersebut detail

28 Januari 2016
BIOGAS
Belum tahu Biogas itu apa? atau mau tahu bagaimana Biogas bisa menggantikan elpiji? detail

26 Januari 2016
Pupuk Kompos
Apa sih beda pupuk organik dan pupuk kompos? Jawabanya adalah pupuk kompos merupakan salah satu dari 4 jenis pupuk organik yang digolongkan berdasarkan dari bahan penyusunnya. Jadi pupuk kompos spesifikasi dari pupuk organik

» index berita
USD Calc
US$ x Rp. 14,000 =
Rp.  
Others
test

BIOGAS


28 Januari 2016

Kuala Kapuas - Disela kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang digelar di Masjid Al Ikhsan Desa Sidomulyo Kec Tamban Catur beberapa hari lalu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat sempatkan diri melihat dari dekat pemanfaatan kotoran ternak sapi menjadi bahan bakar kompor, lampu dan generator biogas.

Usai menyalakan kompor berbahan bakar biogas Ben Brahim langsung menuju ke reaktor (digester) biogas yang merupakan sebuah instalasi ruang kedap udara sebagai media proses dekomposisi limbah organik dan berpsoses dalam waktu secara alamiah yang akhirnya menghasilkan gas metana (biogas).

Sekedar diketahui bahwa pengolahan limbah organik menjadi salahsatu sumber energi terbarukan berupa biogas di desa Sidomulyo inilah yang mengantarkan Bupati Kapuas merupakan satu-satunya bupati/walikota se Kalteng sebagai penerima penghargaan dari Mendagri yang bertepatan dengan Gelar Tehnologi Tepat Guna Tingkat Nasional di Padang Sumatera Barat akhir tahun 2013 lalu.

Ditempat yang sama Reny Rikmasary selaku Konsultan Pengembangan Biogas menyebutkan bahwa atas fasilitasi Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui BPMD dan BLH kini telah beroperasi sebanyak 12 kelompok masyarakat pengembang energi terbarukan tersebut .  Sepuluh kelompok berada di Kecamatan Tamban Catur, selebihnya di Ponpes Babussalam Kuala Kapuas dan SP3 Lamunti.  

Sebagai pembanding tutur Reny bahwa satu meter kubik biogas setara dengan 0,46 kg gas elpiji, 0,62 liter minyak tanah, 0,52 liter minyak solar, atau 0,80 liter bensin serta 3,50 kg kayu bakar bahkan setara pula dengan 1 kwh tenaga listrik. Adapun tujuan pembuatan biogas dari limbah organik selain untuk menyediakan sumber energi terbarukan juga mengurangi timbunan kotoran ternak yang dapat mencemari udara, tanah dan air, serta mengoptimalkan produksi dan reproduksi hewan, penghasil pupuk anorganik.

Sementara itu Bupati Kapuas melalui Kabag Humaspro Suwarno Muriyat menyatakan komitmennya untuk mendorong masyarakatnya mengelola lingkungan secara bijak termasuk dalam pengembangan energi terbarukan. “Bapak Bupati akan terus mendorong semua komponen untuk terus berinovasi tanpa henti. 

Beliau sangat gembira melihat masyarakat Kapuas yang semakin cerdas mengelola potensi dalam suatu siklus kehidupan simbiosis mutualisma atau saling menguntungkan antara satu dengan lainnya. Kebutuhan akan gas, listrik dan dagingpun terpenuhi. Selanjutnya pencemaran udara, tanah dan air juga dapat ditekan, serta limbahnya dapat menjadi pupuk anorganik untuk kesuburan tanaman yang sudah tentu para petani kita akan semakin sejahtera, inilah yang kita harapkan bersama" ujar Suwarno (Humaspro) 



Baca juga
  » 28 Januari 2016
BIOGAS
Belum tahu Biogas itu apa? atau mau tahu bagaimana Biogas bisa menggantikan elpiji?

  » 26 Januari 2016
Pupuk Kompos
Apa sih beda pupuk organik dan pupuk kompos? Jawabanya adalah pupuk kompos merupakan salah satu dari 4 jenis pupuk organik yang digolongkan berdasarkan dari bahan penyusunnya. Jadi pupuk kompos spesifikasi dari pupuk organik

Login
Search
Search:
Information
Product Scroller
Pembayaran
BCA

Mandiri

Others
Others